Selasa, 18 Agustus 2020

Cara Membuat Bakpia Kacang Hijau

Resep dan Cara Membuat Bakpia Kacang Hijau


Cara Membuat Bakpia Kacang Hijau

Cara membuat bakpia kacang hijau  - Diinformasikan dari wikipedia.org Bakpia yakni makanan yang terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula, yang dibungkus dengan tepung, lalu dipanggang. Istilah bakpia sendiri yakni berasal dari aksen Hokkian, yakni dari kata "bak" yang berarti daging dan "pia" yang berarti kudapan manis, yang secara harfiah berarti roti berisikan daging.

Lezatnya dan khasnya rasa bakpia menghasilkan kudapan manis ini menjadi salah satu favorit para wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Bakpia bisa diperoleh di warung bakpia atau warung yang menjual oleh-oleh khas Yogyakarta.

Bakpia ini termasuk salah satu makanan yang populer dari keluarga Cina atau Tionghoa. Bakpia yang cukup dikenal salah satunya berasal dari daerah Pathuk (Pathok), Yogyakarta sehingga dikenal dengan sebutan dengan bakpia pathuk. 

Mengingat masyarakat Yogyakarta mayoritas beragama Islam, pada perkembangannya dikala ini, isi bakpia yang semula daging babi malahan diubah menjadi kacang hijau. Kemudian rasa-rasa dari bakpia yang dimaksimalkan menjadi cokelat, keju, kacang hijau, dan kumbu hitam.

Penganan bakpia khas Yogyakarta kini berkembang luas tak hanya berpusat di Pathuk. Ada pula Bakpia Minomartani di Desa Minomartani, Kecamatan Ngaglik, Sleman, dan Bakpia Japon di desa Trimurti, Kecamatan Srandakan, Bantul, yang diproduksi oleh banyak industri rumah tangga. Penjualan bakpia beberapa besar bersandar pada sektor pariwisata. Sebab itulah penjualan selalu melonjak tinggi dikala wisata

Berikut ini cara membuat bakpia lumpia kacang hijau, ayo ikuti langkah metode membuatnya :

Bahan yang disediakan :

  • 125 gram kacang hijau
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • 50 gram gula merah
  • 25 gram gula pasir
  • 2 lembar daun pandan
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • Garam secukupnya
  • 500 ml air

Bahan untuk kulit bakpia :

  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 2 sendok makan margarin
  • 1/2 bungkus ragi instan
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 125 ml air hangat
  • 1/4 sendok teh garam halus

Cara membuat isi bakpia kacang hijau :

  1. Pertama siapkan panci. Lalu usul air secukupnya ke dalam panci hal yang demikian.
  2. Kemudian rebus air sampai mendidih. Bila air telah mendidih, usul kacang hijau yang telah siapkan.
  3. Berikutnya rebus kacang hijau sampai empuk atau lunak. (Bila kacang hijau telah matang dan empuk, bisa langsung menyaring dan meniriskannya). Blender semua kacang hijau yang telah direbus tadi sampai halus.
  4. Sesudah itu tuangkan kacang hijau ke dalam wajan. Tambahkan atau usul gula merah, garam, gula pasir dan vanili ke dalamnya.
  5. Lalu masak semua bahan-baahn sampai kering dan kalis.Bila telah seperti itu, matikan kompor.
  6. Sesudah itu usul 2 sendok makan minyak goreng. Aduk sampai merata. Biarkan sampai dingin. Bila telah dingin, bagi menjadi 30 bagian. Lalu bulatkan.

Cara membuat kulit bakpia kacang hijau :

  1. Pertama siapkan sebuah wadah atau baskom, usul terigu, ragi instan dan gula pasir.
  2. Lalu aduk sampai merata semua. Usulan air sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai adonan rata dan lembab.
  3. Kemudian usul margarin dan garam, uleni adonan sampai kalis atau tak lengket di tangan.
  4. Sesudah itu fermentasikan adonan di daerah hangat selama kurang lebih 45 - 50menit. Siapkan loyang yang telah diolesi margarin.
  5. Sesudah 45 menit, roll up adonan dan bagi adonan menjadi 30 bagian. Kasih adonan dengan isi kacang hijau. Lalu bulatkan dan pipihkan.
  6. Berikutnya letakan adonan yang telah disusun di atas loyang. Kasih jarak di antara masing-masing adonan karena kudapan manis akan sedikit mengembang.
  7. Kemudian diamkan selama kurang lebih 15 menit. Sementara itu, panaskan oven dengan suhu 200 derajat C. Panggang bakpia selama kurang lebih 10 menit. Sesudah 10 menit, keluarkan loyang dari oven.
  8. Sesudah dibalik kuenya. Panggang kembali selama kurang lebih 5 menit Sesudah itu, angkat dan tiriskan kudapan manis. Siapkan piring atau wadah saji.
  9. Lalu sajikan bakpia yang telah jadi hal yang demikian.

Demikianlah cara membuat bakpia kacang hijau, semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasan Anda. Lihat tulisan yang berguna lainnya.

Terima kasih! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Membuat Ayam Betutu Khas Bali

Bahan dan Cara Membuat Ayam Betutu Bagaimana cara membuat ayam betutu - Diinformasikan dari wikipedia.org Betutu yaitu lauk yang terbuat da...